Home » , , » Khutbah Idul Adha Kesalahan Ibadah Qurban

Khutbah Idul Adha Kesalahan Ibadah Qurban

Written By Rachmat.M.Flimban on Sabtu, 17 Desember 2016 | Sabtu, Desember 17, 2016

Khutbah Idul Adha: Kesalahan hearts Ibadah Qurban 

Ibadah qurban Mesti dilakukan Sesuai tuntunan, JIKA TIDAK Maka jadinya TIDAK diterima Dan Hanya Jadi daging biasa.
الحمد لله الذي هدانا لهذا وما كنا لنهتدي لولا أن هدانا الله لقد جاءت رسل ربنا بالحق ونودوا أن تلكم الجنة أورثتموها بما كنتم تعملون
أشهد أن لا إله إلاالله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله .
اللهم صل وسلم على محمد وعلى آله وأصحابه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين  يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون
يا أيها الناس اتقوا ربكم الذي خلقكم من نفس واحدة وخلق منها زوجها وبث منهما رجالا كثيرا ونساء واتقوا الله الذي تساءلون به والأرحام إن الله كان عليكم رقيبا
يا أيها الذين آمنوا اتقوا الله وقولوا قولا سديدا يصلح لكم أعمالكم ويغفر لكم ذنوبكم ومن يطع الله ورسوله فقد فاز فوزا عظيما أما بعد
الله أكبر الله أكبر لا إله إلا الله والله أكبر الله أكبر ولله الحمد
Allahu akbar, Allahu akbar, laa ilaaha illallah wallahu akbar. Allahu akbar walillahil hamd. (artinya: Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, TIDAK ADA sesembahan Yang berhak disembah selain Allah Dan Allah Maha Besar Allah Maha Besar, Segala puji Bagi-Nya.).
Suatu nikmat Yang gede PADA hari Penyanyi kitd berada di hari Yang mulia, hari Nahr (hari penyembelihan qurban) Dan hari haji Akbar di mana sebelumnya Saat ini jama'ah haji Yang berangkat Ke tanah suci melakukan pelemparan Jumrah Aqabah Penghasilan kena pajak di hari Kemarin wukuf di padang Arafah Dan mabit di Muzdalifah.
Allah memberikan kitd nikmat Begitu Banyak, Yaitu sehat wal afiat, Umur Panjang, kesempatan untuk review Beribadah, Reseller-LEBIH Lagi rezeki batin Yang Allah berikan Berupa nikmat iman Dan Islam. KARENA nikmat Yang Banyak tersebut kitd diperintahkan untuk review Bersyukur di hari raya DENGAN berdzikir Dan bertakbir . Untuk review Idul Fithri, Allah subhanahu wa ta'ala menyebutkan,
ولتكملوا العدة ولتكبروا الله على ما هداكم ولعلكم تشكرون
"Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya Dan hendaklah kamu mengagungkan Allah differences Petunjuk-Nya Yang diberikan Kepadamu, Supaya kamu Bersyukur."(. QS Al-Baqarah: 185)
Untuk review takbir sejak Awal Dzulhijjah disebutkan,
ويذكروا اسم الله في أيام معلومات
" Dan Supaya mereka Menyebut Nama Allah PADA hari Yang has ditentukan . "(. QS Al Hajj: 28).
Maka dijadikan PADA hari Idul Adha Penyanyi Waktu untuk review berdzikir untuk review jama'ah haji,
إنما جعل الطواف بالبيت وبين الصفا والمروة ورمى الجمار لإقامة ذكر الله
"Sesungguhnya thawaf di Ka'bah, melakukan sa'i ANTARA Shafa Dan Marwah Dan melempar Jumrah Adalah Bagian Dari Dzikrullah (dzikir PADA Allah)."(HR Abu Daud, ada 1888; Tirmidzi, ada 902; Ahmad, 6:... 46. Imam Tirmidzi mengatakan hadits Penyanyi hasan shahih )
Also hearts ibadah qurban disebutkan hearts hadits,
ضحى النبى - صلى الله عليه وسلم - بكبشين أملحين, فرأيته واضعا قدمه على صفاحهما يسمى ويكبر, فذبحهما بيده
"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam PERNAH berqurban (PADA Idul Adha) DENGAN doa kambing Yang gemuk. Aku Melihat hal beliau menginjak kakinya di Pangkal Leher doa kambing ITU. Lalu beliau membaca bismillah Dan bertakbir , kemudian beliau menyembelih kedua Hewan qurban miliknya DENGAN serbi beliau Sendiri. "(HR. Bukhari, no. 5558, Dari hadits Anas bin Malik)
الله أكبر الله أكبر لا إله إلا الله والله أكبر الله أكبر ولله الحمد
Allahu akbar, Allahu akbar, laa ilaaha illallah wallahu akbar. Allahu akbar walillahil hamd. (artinya: Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, TIDAK ADA sesembahan Yang berhak disembah selain Allah Dan Allah Maha Besar Allah Maha Besar, Segala puji Bagi-Nya.).
Namun Satu HAL Yang Patut diingat Mengenai ibadah qurban hendaklah kitd melakukannya ikhlas KARENA Allah, tujuannya untuk review Meraih takwa. Dalam ayat disebutkan,
لن ينال الله لحومها ولا دماؤها ولكن يناله التقوى منكم
"Daging-daging unta Dan darahnya ITU Sekali-Kali TIDAK DAPAT mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan Dari Kamulah Yang can be mencapainya ." (QS Al-Hajj:. 37)
Hendaklah dilakukan pula Sesuai DENGAN tuntunan Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam . Coba perhatikan kisah berikut TENTANG orangutan Yang sarapan pagi SEBELUM shalat Idul Adha DENGAN Hewan qurbannya.
Abu Burdah Yang merupakan Paman Dari Al Bara 'bin' Azib Dari Jalur ibunya Berkata,
يا رسول الله, فإنى نسكت شاتى قبل الصلاة, وعرفت أن اليوم يوم أكل وشرب, وأحببت أن تكون شاتى أول ما يذبح فى بيتى, فذبحت شاتى وتغديت قبل أن آتى الصلاة
"Wahai Rasulullah, aku has menyembelih kambingku SEBELUM shalat Idul Adha. Aku industri tahu bahwa hari ITU Adalah hari untuk review Makan Dan air minum. Aku Senang JIKA kambingku Adalah Binatang Yang Pertama Kali disembelih di rumahku. Oleh KARENA ITU, aku menyembelihnya Dan aku sarapan dengannya SEBELUM aku shalat Idul Adha. "
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pun Berkata,
شاتك شاة لحم
"Kambingmu Hanyalah kambing biasa (Yang dagingnya dimakan, Bukan kambing kurban)." (HR. Bukhari, no. 955).
Lihatlah niatan dia baik, namun KARENA dilakukan TIDAK Sesuai tuntunan Rasul, qurbannya dianggap Hanya daging biasa, Bukan daging qurban. Berarti Kita Harus Beramal Sesuai tuntunan, TIDAK Hanya ikhlas.
Oleh KARENA ITU, Patut Kiranya di Khutbah Idul Adha Kali Penyanyi di Alun-Alun Pemda Gunungkidul, kami selaku khatib mengingatkan Kesalahan Yang Sering Terjadi ketika Pelaksanaan ibadah qurban.
Pertama: Saling berbangga Dan menyombongkan Diri hearts HAL qurban
Hendaklah qurban dilakukan DENGAN ikhlas untuk review menggapai ridha Allah, Bukan Untuk Mengejar strata sosial, Bukan Ingin Mencari Pujian Manusia, Bukan Ingin sum'ah Dan riya '.
'Atha' bin Yasar PERNAH bertanya PADA Abu Ayyub Al-Anshari TENTANG qurban Yang dilakukan di masa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam ,
كيف كانت الضحايا على عهد رسول الله -صلى الله عليه وسلم- فقال كان الرجل يضحى بالشاة عنه وعن أهل بيته فيأكلون ويطعمون حتى تباهى الناس فصارت كما ترى
"Bagaimanakah qurban di masa Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam. Dijawab bahwa PT KARYA CIPTA PUTRA ADA Yang berqurban DENGAN Satu ekor kambing untuk review Dirinya Dan keluarganya, besarbesaran Makan Dari hasil temuan qurban Dan besarbesaran pun memberikan sedekah Makan (PADA fakir miskin, pen.). Namun ketika ITU orang-orangutan saling membanggakan Diri sebagaimana Yang Engkau lihat. "(HR. Tirmidzi, no. 1505, shahih kata Syaikh Al-Albani).
Kalau PT KARYA CIPTA PUTRA saling menyombongkan Diri, bagaimana pula DENGAN zaman Penyanyi?
Butuh Niat Yang ikhlas Dan tulus hearts qurban kitd.
Kelima pembangunan Sedekah dianggap LEBIH Utama daripada berqurban
Penyanyi anggapan Yang Keliru.
Ibnul Qayyim rahimahullah Berkata, "Penyembelihan Yang dilakukan di Waktu mulia LEBIH Afdhal daripada sedekah senilai penyembelihan tersebut. Oleh karenanya JIKA Seseorang bersedekah untuk review menggantikan Kewajiban penyembelihan PADA manasik tamattu ' Dan Qiran meskipun DENGAN sedekah Yang bernilai berlipat ganda, tentu TIDAK can menyamai keutamaannya. "(LIHAT Talkhish Kitab Ahkam Al-Udhiyyah wa Adz-Dzakaah , hlm. 11-12)
Apa sebabnya qurban LEBIH Utama daripada sedekah Yang senilai? Sebabnya KARENA masalah ibadah Yang PADA dilakukan Waktu Yang Utama. Sama seperti selepas shalat LEBIH Utama untuk review berdzikir dibandingkan DENGAN membaca Al-Qur'an.
Ketiga: berqurban dianggap Sekali Seumur Hidup Saja
Padahal SETIAP Kali kitd Melihat hal hilal Dzulhijjah (Awal bulan Dzulhijjah), kita diharapkan Punya keinginan untuk review berqurban. Dalam hadits disebutkan,
إذا رأيتم هلال ذى الحجة وأراد أحدكم أن يضحى فليمسك عن شعره وأظفاره
"JIKA MASUK bulan Dzulhijah Dan shalat Seorang Dari Kalian Ingin menyembelih qurban, Maka hendaklah besarbesaran TIDAK memotong sedikitpun Dari Rambut Dan kukunya ." (HR. Muslim no. 1977, Dari Ummu Salamah).
Yang Mampu tetaplah berqurban. Imam Syafi'i Yang menganggap hukum qurban ITU sunnah menyatakan,
لا أرخص في تركها لمن قدر عليها
"Aku tidaklah Memberi keringanan untuk review Meninggalkan berqurban Bagi orangutan Yang Mampu menunaikannya."
Jadi Yang Mampu tiap Tahun untuk review berqurban, sisihkanlah harta untuk review berqurban. Moga rezekinya Terus diberikan berkah.
Keempat: Terlalu Banyak Pertimbangan untuk review mengeluarkan Uang untuk review berqurban
Terlalu khawatir DENGAN rezeki. Padahal qurban ITU disajikan ikhlas untuk review Allah Yang memberikan rezeki PADA kitd Sekalian.
Ingatlah Yang Allah janjikan,
وما أنفقتم من شيء فهو يخلفه وهو خير الرازقين
" Dan Barang Apa Saja Yang kamu nafkahkan, Maka Allah akan menggantinya Dan Dia-lah Pemberi rezki Yang sebaik-baiknya ." (QS Saba ':. 39).
Kenapa also Sampai Takut berqurban sedangkan qurban ITU termasuk sedekah Yang MEMBUAT harta kitd Semakin berkah. hadits hearts Disebutkan,
ما نقصت صدقة من مال
"Sedekah tidaklah Mengurangi harta ." (HR. Muslim, no. 2558)
Kita also diperintahkan differences sedekah ketika hearts keadaan sehat Walau Takut Menjadi fakir ATAU Miskin. Dalam hadits Abu Hurairah disebutkan Mengenai sedekah Yang memucat pahalanya gede,
أن تصدق وأنت صحيح شحيح, تخشى الفقر وتأمل الغنى, ولا تمهل حتى إذا بلغت الحلقوم قلت لفلان كذا, ولفلان كذا, وقد كان لفلان
" Wahai Rasulullah, sedekah Yang mana Yang LEBIH pahalanya gede?" Beliau Menjawab, "Engkau bersedekah PADA Saat kamu Masih sehat, Saat kamu Takut Menjadi fakir, Dan Saat kamu Berangan-angan Menjadi Kaya. Dan janganlah Engkau menunda-Nunda sedekah ITU, Hingga apabila nyawamu has Sampai di tenggorokan, kamu baru Berkata, "Untuk si Fulan sekian Dan untuk review Fulan sekian, Dan harta ITU Sudah Menjadi hak si Fulan ." (Muttafaqun 'alaih. HR. Bukhari, ada 1419;. Muslim no 1032)..
الله أكبر الله أكبر لا إله إلا الله والله أكبر الله أكبر ولله الحمد
Allahu akbar, Allahu akbar, laa ilaaha illallah wallahu akbar. Allahu akbar walillahil hamd. (artinya: Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, TIDAK ADA sesembahan Yang berhak disembah selain Allah Dan Allah Maha Besar Allah Maha Besar, Segala puji Bagi-Nya.).
Kelima (terakhir di): Menjual hasil temuan qurban
KARENA qurban Penyanyi Adalah sajian untuk review Allah,
إن صلاتي ونسكي ومحياي ومماتي لله رب العالمين
" Sesungguhnya shalatku, qurbanku, hidupku Dan Matiku Hanyalah untuk review Allah, Rabb semesta alam ." (QS Al-An'am:. 162)
Karenanya * Menurut madzhab jumhur (mayoritas) ulama termasuk madzhab Syafi'i hasil temuan qurban sama Sekali TIDAK boleh diperjual belikan, termasuk kulit. Kenapa? KARENA Semuanya untuk review lillahi ta'ala .
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu , Nabi shallallahu' alaihi wa sallam bersabda,
من باع جلد أضحيته فلا أضحية له
" Barangsiapa Menjual kulit hasil temuan sembelihan qurban, Maka TIDAK ADA qurban baginya ." (HR. Al-Hakim. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits Penyanyi hasan . Lihat Shahih At-targhib wa At-tarhib , tidak ada. 1088)
Namun hasil temuan qurban Yang sunnah (Bukan nadzar) boleh dimakan Oleh shahibul qurban (Walau Satu suapan Saja), sebagiannya boleh untuk review sedekah, sebagiannya Lagi dihadiahkan PADA orangutan Yang Mampu. Disebutkan hearts ayat,
فكلوا منها وأطعموا البائس الفقير
" Maka makanlah sebahagian daripadanya Dan (Lagi sebahagian) berikanlah untuk review dimakan orang-orangutan Yang sengsara Dan fakir. "(QS Al-Hajj:. 28)
Satu HAL Lagi Yang TIDAK boleh dilakukan Adalah memberikan upah Berupa hasil temuan qurban PADA tukang Jagal. Yang boleh, upahnya diambil Dari saku Sendiri, Dari saku panitia, ATAU Dari kas masjid.
Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu PERNAH menyatakan, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkanku untuk review mengurusi unta-unta qurban beliau.
Aku mensedekahkan daging, kulit, Dan jilalnya (kulit Yang ditaruh PADA Punggung unta untuk review melindungi Dari Dingin).
Aku Tidak Memberi Sesuatu pun Dari hasil temuan sembelihan qurban ditunjukan kepada tukang Jagal.
Beliau bersabda,
نحن نعطيه من عندنا
" Kami akan Memberi upah ditunjukan kepada tukang Jagal Dari Uang Kami Sendiri ." (HR. Muslim, no. 1317)
الله أكبر الله أكبر لا إله إلا الله والله أكبر الله أكبر ولله الحمد
Allahu akbar, Allahu akbar, laa ilaaha illallah wallahu akbar. Allahu akbar walillahil hamd. (artinya: Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, TIDAK ADA sesembahan Yang berhak disembah selain Allah Dan Allah Maha Besar Allah Maha Besar, Segala puji Bagi-Nya.).
Moga Allah menjauhkan kitd Dari Kesalahan-Kesalahan di differences Saat ibadah qurban.
Moga Amalan kitd diterima di Sisi Allah.
Marilah kitd tutup khutbah Idul Adha Penyanyi DENGAN do'a.
Moga DENGAN hari Penuh berkah Penyanyi, SETIAP do'a kitd diperkenankan Oleh Allah.
اللهم اغفر للمسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الأحياء منهم والأموات
اللهم إنا نسألك أنا نشهد أنك أنت الله لا إله إلا أنت الأحد الصمد الذى لم يلد ولم يولد ولم يكن له كفوا أحد
ربنا اغفر لنا ولإخواننا الذين سبقونا بالإيمان ولا تجعل في قلوبنا غلا للذين آمنوا ربنا إنك رءوف رحيم
ربنا هب لنا من أزواجنا وذرياتنا قرة أعين واجعلنا للمتقين إماما
اللهم ألف بين قلوبنا, وأصلح ذات بيننا, واهدنا سبل السلام, ونجنا من الظلمات إلى النور, وجنبنا الفواحش ما ظهر منها وما بطن, وبارك لنا في أسماعنا, وأبصارنا, وقلوبنا, وأزواجنا, وذرياتنا, وتب علينا إنك أنت التواب الرحيم, واجعلنا شاكرين لنعمك مثنين بها عليك, قابلين لها, وأتممها علينا
اللهم أصلح ولاة أمورنا, اللهم وفقهم لما فيه صلاحهم وصلاح الإسلام والمسلمين,
ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار
وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه و من تبعهم بإحسان إلى يوم الدين
وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين
Selamat Hari Raya Idul Adha 1437 H
Taqabbalallahu minna wa minkum, kullu 'aamin wa antum bi kheir
Oleh: Muhammad Abduh Tuasikal


Sources of articles by :  rumaysho.com

Print Friendly and PDFPrint Article
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

= > Silakan Berkomentar Sesuai Tema Diatas
=> Berkomentar Dengan Link Hidup Tidak Akan di Publish
=> Dilarang Berkomentar SPAM
=> Tinggalkan Komentar Sangat Penting Untuk Kemajuan Blok ini

Total Tayangan Halaman

Translate to your language


Negara Pengunjung

Flag Counter

KALENDER HIJRIYAH



 
Support : Link Palem 3 | Al Islam | 4 Muslim
Copyright © 2013. Mushola Nurul Iman - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger
-->