Home » » Mengenal Para Sahabat As-Sabiqunal Awwalun

Mengenal Para Sahabat As-Sabiqunal Awwalun

Written By Rachmat.M.Flimban on Senin, 12 Desember 2016 | Senin, Desember 12, 2016

Biografi Salafush Sholeh
Mengenal Sosok Dari Generasi
As-SABIQUNAL AWWALUN
USTADZ ABU MINHAL, Lc حفظه الله
Dalam permulaan dakwah Islam, umat Islam mengenal adanya istilah as-sabiqunal awwalun. Dari kata السَّابِقُونَ (as-sabiqun) yang artinya orang yang terdahulu (daripada orang lain) dan الأوَّلُونَ (al-awwalun) yang bermakna orang-orang yang pertama-tama. Maka, ketika digabungkan dua kata tersebut, bermakna orang-orang yang terdahulu yang pertama-tama masuk Islam.
Al-Qur'anul Karim telah menyatakan perihal tingginya derajat as-Sabiqunal awwalun, baik dari kalangan Muhajirin dan Anshar di atas Muslim lainnya, baik pada masa generasi Sahabat, apalagi di atas generasi sekarang.
Allah عزّوجلّ berfirman:
وَالسَّابِقُونَ الأوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالأنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الأنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ
Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada Allah, dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar. (QS. At-Taubah/9:100).
Sebagian Ulama memandang mereka itu adalah orang-orang yang sempat mengerjakan shalat dengan mengarah dua kiblat, Baitul Maqdis dan Ka'bah. Sebagian yang lain menyatakan, mereka itu adalah orang-orang yang berbaiat dalam Baiat Ridhwan.1
Hanya saja, Imam adz-Dzahabi رحمه الله mempunyai pandangan lain dalam memaknai as-Sabiqunal Awwalun dalam kitabnya, Tarikhul Islam2. Secara implisit, Beliau رحمه الله menyatakan bahwa as-Sabiqunal Awwalun adalah orang-orang yang menyambut dakwah Rasulullah Muhammad صلى الله عليه وسلم pada periode dakwah fardiyyah dalam tiga tahun pertama dari tahun kenabian, karena setelah itu, beliau menuliskan bab tentang dakwah jahriyyah (secara terang-terangan).3
Dakwah fardiyyah ditempuh Nabi صلى الله عليه وسلم setelah turun ayat dalam Surat Al-Muddatsir. Mulailah Beliau صلى الله عليه وسلم berdakwah mengajak manusia kepada Allah عزّوجلّ dan Islam secara sembunyi-sembunyi dengan mendatangi individu-individu tertentu. Dan secara logika, Beliau صلى الله عليه وسلم memulainya dengan keluarga sendiri, kawan-kawan dekat dan orang-orang yang punya hubungan baik dengan Beliau.
--------------------------------------------------------------------------------
1. Imam ath-Thabari رحمه الله dalam tafsirnya 7/10-13 terkait Surat at-Taubah:100 telah mengutip beberapa keterangan Ulama tentang makna as-Sabiqunal Awwalun.
2. Tarikhul Islam 1/79-83.
3. Dalam as-Sirah ash-Shahihah karya Dr. Akram Dhiya al-'Umari, 1/133-140 disebut dengan istilah al-Muslimunal Awail (Orang-orang Islam yang pertama-tama). Dan penulis menyebutkan pembahasan tersebut sebelum membahas tentang dakwah jahriyyah.
 
Copyright 1438 H/ 2016 M Untuk Umat Muslim
Sumber: Majalah As-Sunnah_Baituna
Edisi 06 Thn. XX 1437 H/ 2016 M
Disalin dari eBook
WWW.IBNUMAJJAH.COM

Sources of articles by :  WWW.IBNUMAJJAH.COM

Print Friendly and PDFPrint Article
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

= > Silakan Berkomentar Sesuai Tema Diatas
=> Berkomentar Dengan Link Hidup Tidak Akan di Publish
=> Dilarang Berkomentar SPAM
=> Tinggalkan Komentar Sangat Penting Untuk Kemajuan Blok ini

Total Tayangan Halaman

Translate to your language


Negara Pengunjung

Flag Counter

KALENDER HIJRIYAH



 
Support : Link Palem 3 | Al Islam | 4 Muslim
Copyright © 2013. Mushola Nurul Iman - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger
-->