Home » , , » Macam - Macam Doa Istiftah

Macam - Macam Doa Istiftah

Written By Rachmat.M.Flimban on Sabtu, 16 Agustus 2014 | Sabtu, Agustus 16, 2014

Related categories : Fiqh Dan Muamalah, Bacaan , berdoa , do'a , iftitah Doa , istiftah Doa , Dzikir , Shalat , tata Cara shalat

Transcribed : 16 Agust 2014

Doa Istiftah adalah DOA Yang dibaca ketika shalat, ANTARA takbiratul ihram Dan ta'awudz sebelum membaca surat Al Fatihah.

Hukum Membaca Doa Istiftah

Hukum membacanya adalah sunnah. Diantaranya dalilnya adalah hadist bahasa Dari Abu Hurairah:

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا كبر في الصلاة; سكت هنية قبل أن يقرأ. فقلت: يا رسول الله! بأبي أنت وأمي; أرأيت سكوتك بين التكبير والقراءة; ما تقول? قال: "أقول: ..." فذكره

" Biasanya Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam Penghasilan kena pajak bertakbir ketika shalat, besarbesaran diam sejenak sebelum membaca ayat. Maka AKU pun bertanya kepada beliau, Wahai Rasulullah, kutebus engkau Artikel Baru ayat Dan ibuku, AKU melihatmu berdiam ANTARA takbir Dan Bacaan ayat. Apa Yang engkau baca ketika ITU adalah: ... (beliau menyebutkan Doa istiftah) "( Muttafaqun alaih ' )

Penghasilan kena pajak menyebut beberapa Doa istiftah Dalam, kitab Al Adzkar , Imam An Nawawi berkata: "Ketahuilah bahwa * Semua Doa-Doa Suami hukumnya mustahabbah (sunnah) Dalam, shalat Wajib maupun shalat sunnah "( Al Adzkar , 1/107).

Demikianlah pendapat jumhur ulama, kecuali Imam Malik rahimahullah . Beliau berpendapat, Yang dibaca Penghasilan kena pajak takbiratul ihram adalah الحمد لله رب العالمين yaitu surat Al Fatihah. Tentu Saja pendapat beliau Suami regular tidak tepat KARENA bertentangan Artikel Baru Banyak, dalil.

Macam-Macam Doa Istiftah

Ada beberapa Macam JENIS Doa istiftah Yang Diposkan oleh dibaca Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam Dan sahabatnya, berdasarkan RIWAYAT-RIWAYAT Yang shahih.

Berikut Suami Macam-Macam Doa istiftah Yang shahih, PENELITIAN berdasarkan Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullah terhadap dalil-dalil Doa istiftah, Yang tercantum Dalam, kitab beliau Sifatu Shalatin Nabi Shallallahu'alaihi Wasallam :

Nuvifone

اللهم باعد بيني وبين خطاياي, كما باعدت بين المشرق والمغرب, اللهم نقني من الخطايا كما ينقى الثوب الأبيض من الدنس, اللهم اغسل خطاياي بالماء والثلج والبرد

" Ya Allah, jauhkanlah ANTARA AKU Dan kesalahanku sebagaimana Engkau telah menjauhkan ANTARA Timur Dan Barat. Ya Allah, sucikanlah kesalahanku sebagaimana Pakaian Yang putih disucikan Bahasa Dari Kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahanku Artikel Baru udara, salju, Dan Dingin udara "(HR.Bukhari 2/182, Muslim 2/98)

Doa Suami ordinary dibaca Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam Dalam, shalat fardhu. Doa Suami adalah Doa Yang memucat shahih diantara Doa istiftah TOTAL, sebagaimana dikatakan Ibnu Hajar Diposkan Dalam, Fathul Baari (2/183).

Kedua

وجهت وجهي للذي فطر السماوات والأرض حنيفا, وما أنا من المشركين, إن صلاتي, ونسكي, ومحياي, ومماتي لله رب العالمين, لا شريك له, وبذلك أمرت وأنا من المسلمين, اللهم أنت الملك لا إله إلا أنت أنت ربي, وأنا عبدك, ظلمت نفسي , واعترفت بذنبي, فاغفر لي ذنوبي جميعا, إنه لا يغفر الذنوب إلا أنت, واهدني لأحسن الأخلاق لا يهدي لأحسنها إلا أنت, واصرف عني سيئها لا يصرف عني سيئها إلا أنت, لبيك وسعديك والخير كله في يديك, والشر ليس إليك, أنا بك وإليك, تباركت وتعاليت, أستغفرك وأتوب إليك

" Daytona hadapkan wajahku kepada Dzat Yang Maha Sang Pencipta Langit Dan Bumi sebagai muslim Yang ikhlas Dan AKU Bukan termasuk orangutan Yang musyrik. Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, Hidupku Dan matiku, hanya semata-mata untuk Allah Rabb semesta alam. Regular tidak ADA sekutu bagiNya. Oleh KARENA ITU AKU Patuh kepada perintahNya, Dan AKU termasuk orangutan Yang AKU berserah Diri. Ya Allah, Engkaulah Maha Penguasa. Regular tidak ADA Ilah Yang berhak disembah selain Engkau. Mahasuci Engkau Maha Terpuji Dan. Engkaulah Tuhanku Dan AKU adalah hambaMu. Daytona telah menzhalimi Diriku Sendiri Dan akui dosa-dosaku. KARENA ITU ampunilah dosa-dosaku semuanya. Sesungguhnya regular tidak ADA Yang Bisa mengampuni dosa melainkan Engkau Segala. Tunjukilah AKU akhlak Yang memucat terbaik. Regular tidak ADA Yang dapat menunjukkannya melainkan hanya Engkau. Jauhkanlah akhlak Yang buruk dariku, KARENA regular tidak ADA Yang sesungguhnya Sanggup menjauhkannya melainkan hanya Engkau. Aka AKU patuhi Segala perintah-Mu, Dan Akan AKU tolong Agama-Mu. Segala kebaikan berada di Tangan-Mu. Sedangkan keburukan regular tidak Datang Bahasa Dari Mu. Orang Yang regular tidak tersesat hanyalah orangutan Yang Engkau beri petunjuk. Daytona berpegang teguh dengan-Mu Dan kepada-Mu. Regular tidak ADA keberhasilan Dan jalan keluar kecuali Bahasa Dari Mu. Maha Suci Engkau Dan Maha Tinggi. Kumohon ampunan dariMu Dan AKU bertobat kepadaMu (Muslim 2/185 HR - 186.) "

Doa Suami ordinary dibaca Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam Dalam, shalat fardhu Dan shalat sunnah.

SIBOR

الله أكبر وجهت وجهي للذي فطر السموات والأرض حنيفا مسلما وما أنا من المشركين, إن صلاتي ونسكي ومحياي ومماتي لله رب العالمين لا شريك له وبذلك أمرت وأنا أول المسلمين, اللهم أنت الملك لا إله إلا أنت سبحانك وبحمدك

" Daytona hadapkan wajahku kepada Dzat Yang Maha Sang Pencipta Langit Dan Bumi sebagai muslim Yang ikhlas Dan AKU Bukan termasuk orangutan Yang musyrik. Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, Hidupku Dan matiku, hanya semata-mata untuk Allah Rabb semesta alam. Regular tidak ADA sekutu BAGI-Nya. Oleh KARENA ITU AKU Patuh kepada perintahNya, Dan AKU termasuk orangutan Yang AKU berserah Diri. Ya Allah, Engkaulah Maha Penguasa. Regular tidak ADA Ilah Yang berhak disembah selain Engkau. Mahasuci Engkau Maha Terpuji Dan ". (HR. An Nasa-i, 1/143 Di shahihkan Al Albani Dalam. Sifatu Shalatin Nabi 1/251)

Keempat

إن صلاتي ونسكي ومحياي ومماتي لله رب العالمين لا شريك له, وبذلك أمرت وأنا من المسلمين. اللهم اهدني لأحسن الأعمال وأحسن الأخلاق لا يهدي لأحسنها إلا أنت, وقني سيئ الأعمال وسيئ الأخلاق لا يقي سيئها إلا أنت

" Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, Hidupku Dan matiku, hanya semata-mata untuk Allah Rabb semesta alam. Regular tidak ADA sekutu BAGI-Nya. Oleh KARENA ITU AKU Patuh kepada perintahNya, Dan AKU termasuk orangutan Yang AKU berserah Diri. Ya Allah, tunjukilah AKU amal Dan akhlak Yang terbaik. Regular tidak ADA Yang dapat menujukkanku kepadanya kecuali Engkau. Jauhkanlah AKU Bahasa Dari amal Dan akhlak Yang buruk. Regular tidak ADA Yang dapat menjauhkanku darinya kecuali Engkau ". (HR. An Nasa-i 1/141, Ad Daruquthni 112)

Kelima

سبحانك اللهم وبحمدك تبارك اسمك وتعالى جدك ولا إله غيرك

" Maha suci Engkau, ya Allah. Ku sucikan nama-Mu Artikel Baru memuji-Mu. Nama-Mu Penuh berkah. Maha Tinggi Engkau. Regular tidak ilah Yang berhak disembah selain Engkau "(HR.Abu Daud 1/124, An Nasa-i, 1/143, At Tirmidzi 2 / 9-10, Ad Darimi 1/282, Ibnu Majah 1/268. bahasa Dari sahabat Abu Sa 'id Al Khudri, Diposkan oleh dihasankan Al Albani Dalam, Sifatu Shalatin Nabi 1/252)

Doa Suami juga diriwayatkan Bahasa Dari sahabat berbaring secara marfu ' , yaitu Bahasa Dari 'Aisyah, Anas bin Malik Dan Jabir Radhiallahu'anhum . Bahkan Imam Muslim RIWAYAT membawakan:

أن عمر بن الخطاب كان يجهر بهؤلاء الكلمات يقول: سبحانك اللهم وبحمدك. تبارك اسمك وتعالى جدك. ولا إله غيرك

" Umar bin Khattab pernah menjahrkan Doa Suami (ketika shalat): (Lalu menyebut Doa di Atas) "(HR Muslim No.399).

Demikianlah, Doa Suami Banyak, diamalkan Diposkan oleh para sahabat Nabi, sehingga para ulama pun Banyak, Yang lebih menyukai untuk mengamalkan Doa Suami Dalam, shalat. Selain ITU Doa Suami CUKUP singkat Dan Ulasan Sangat tepat BAGI imam Yang mengimami Banyak, orangutan Yang kondisinya Lemah, semisal Anak-Anak Dan orangutan Tua.

Keenam

سبحانك اللهم وبحمدك وتبارك اسمك, وتعالى جدك, ولا إله غيرك

 لا إله إلا الله 3x

 الله أكبر كبيرا 3x

" Maha suci Engkau, ya Allah. Ku sucikan nama-Mu Artikel Baru memuji-Mu. Nama-Mu Penuh berkah. Maha Tinggi Engkau. Regular tidak ilah Yang berhak disembah selain Engkau, Tiada Tuhan Yang berhak disembah selain Allah (3x), Allah Maha Besar (3x) "(HR.Abu Daud 1/124, dihasankan Al Albani Diposkan oleh Dalam, Sifatu Shalatin Nabi 1/252)

Ketujuh

الله أكبر كبيرا, والحمد لله كثيرا, وسبحان الله بكرة وأصيلا

" Allah Maha Besar Artikel Baru Segala kebesaran, Segala puji BAGI Allah Artikel Baru Pujian Yang Banyak, Maha Suci Allah, BAIK waktu Pagi Dan Petang "(HR. Muslim 2/99)

Hadits tersebut diriwayatkan Ibnu Umar Radhiallahu'anhu Diposkan, berkata besarbesaran:

بينما نحن نصلي مع رسول الله صلى الله عليه وسلم; إذ قال رجل من القوم: ... فذكره. فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "عجبت لها! فتحت لها أبواب السماء ". قال ابن عمر: فما تركتهن منذ سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول ذلك

"Ketika Kami shalat Bersama Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam , ADA seorang Lelaki Yang berdoa istiftah: (Lalu disebutkan Doa di Atas). Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda Lalu: ' Daytona Heran, dibukakan baginya Pintu-Pintu Langit '. Ibnu Umar berkata memuat berbagai: 'Daytona regular tidak pernah meninggalkan Doa Suami sejak beliau berkata demikian' ".

Kedelapan

الحمد لله حمدا كثيرا طيبا مباركا فيه

"S egala puji BAGI Allah Artikel Baru Pujian Yang Banyak, Pujian Yang terbaik Dan Pujian Yang Penuh keberkahan di dalamnya "(HR. Muslim 2/99).

Hadits tersebut diriwayatkan Diposkan Anas bin Malik Radhiallahu'anhu , ketika ADA seorang Lelaki Yang membaca Doa istiftah tersebut, Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda:

لقد رأيت اثني عشر ملكا يبتدرونها; أيهم يرفعها

" Daytona melihat doa Belas nis bersegera Menuju kepadanya. Mereka saling berlomba untuk Mengangkat Doa ITU (kepada Allah Ta'ala) "

Kesembilan

اللهم لك الحمد أنت قيم السموات والأرض ومن فيهن, ولك الحمد لك ملك السموات والأرض ومن فيهن, ولك الحمد أنت نور السموات والأرض ومن فيهن, ولك الحمد أنت ملك السموات والأرض, ولك الحمد أنت الحق ووعدك الحق, ولقاؤك حق, وقولك حق, والجنة حق , والنار حق, والنبيون حق, ومحمد صلى الله عليه وسلم حق, والساعة حق, اللهم لك أسلمت, وبك آمنت, وعليك توكلت, وإليك أنبت, وبك خاصمت, وإليك حاكمت, فاغفر لي ما قدمت وما أخرت, وما أسررت وما أعلنت, أنت المقدم , وأنت المؤخر, لا إله إلا أنت

" Ya Allah, Segala puji BAGI Engkau. Engkau pemelihara Langit Dan Bumi Serta orangutan-orangutan Yang berada di dalamnya. Segala puji BAGI Engkau. Engkau memiliki kerajaan Langit, Bumi Dan siapa Saja Yang berada di dalamnya. Segala puji BAGI Engkau. Engkau adalah Cahaya BAGI Langit, Bumi Dan siapa Saja Yang berada di dalamnya. Segala puji BAGI Engkau. Engkau Raja Langit Dan Bumi Dan Raja BAGI siapa Saja Yang berada di dalamnya. Segala puji BAGI Engkau. Engkaulah Al Haq. Janji-Mu Pasti BENAR, firman-Mu Pasti BENAR, pertemuan dengan-Mu Pasti BENAR, firman-Mu Pasti BENAR, ITU BENAR Surga adanya, Neraka ITU BENAR adanya, para nabi ITU membawa kebenaran, Dan Muhammad Shallallahu'alaihi Wasallam ITU membawa kebenaran , Hari Kiamat ITU BENAR adanya. Ya Allah, kepada-Mu lah AKU berserah diri.Kepada-Mu lah AKU beriman. Kepada-Mu lah AKU bertawakal. Kepada-Mu lah AKU bertaubat. Kepada-Mu lah AKU mengadu. Dan kepada-Mu AKU berhukum. Maka ampunilah dosa-dosaku. Baik bintang Yang telah AKU lakukan maupun Yang belum AKU lakukan. Baik bintang APA Yang AKU sembunyikan maupun Yang AKU nyatakan. Engkaulah Al Muqaddim dan Al Muakhir. Tiada Tuhan Yang berhak disembah selain Engkau "(HR Bukhari 2/3, 2/4, 11/99, 13/366 -. 367, 13/399, Muslim 2/184)

Doa istiftah Suami sering dibaca Rasulullah Shalallahu'alaihi Wasallam ketika shalat pelelehan malam. Namun Tetap masyru ' juga dibaca iB shalat Wajib Dan shalat Yang berbaring.

Kesepuluh

اللهم رب جبرائيل, وميكائيل, وإسرافيل, فاطر السماوات والأرض, عالم الغيب والشهادة, أنت تحكم بين عبادك فيما كانوا فيه يختلفون, اهدني لما اختلف فيه من الحق بإذنك, إنك تهدي من تشاء إلى صراط مستقيم

" Ya Allah, Rabb-nya nis Jibril, Mikail, Israfil Dan. Sang Pencipta Langit Dan Bumi. Yang mengetahui ghaib HAL Dan juga Nyata. Engkaulah hakim di ANTARA Hamba-Hamba-Mu Dalam, HAL-HAL Yang mereka perselisihkan. Tunjukkanlah AKU kebenaran Dalam, APA Yang diperselisihkan, Artikel Baru izin-Mu. Sesungguhnya Engkau memberi petunjuk Menuju jalan Yang Lurus, kepada siapa Saja Yang Engkau kehendaki "(HR. Muslim 2/185)

Doa istiftah Suami juga sering dibaca Rasulullah Shalallahu'alaihi Wasallam ketika shalat pelelehan malam. Namun Tetap masyru ' juga dibaca iB shalat Wajib Dan shalat Yang berbaring.

Kesebelas

10x الله اكبر

10x الحمد لله

10x لا اله الا الله

10x استغفر الله

10x اللهم اغفر لي, واهدني, وارزقني وعافني

10x اللهم إني أعوذ بك من الضيق يوم الحساب

"Allah Maha Besar" 10x

"Segala BAGI Pujian Allah" 10x

"Tiada Tuhan Yang berhak disembah kecuali Allah" 10x

"Daytona memohon ampun kepada Allah" 10x

"Ya Allah, ampunilah AKU, berilah AKU petunjuk, berilah AKU rizki, Dan berilah AKU Kesehatan" 10x

"Ya Allah, Aku berlindung Bahasa Dari kesempitan di Hari Kiamat" 10x

(HR. Ahmad 6/143, Ath Thabrani Dalam, Al Ausath 62/2 Dihasankan Al Albani Dalam, Sifatu Shalatin Nabi 1/267.)

Kedua Belas

الله أكبر [ثلاثا], ذو الملكوت, والجبروت والكبرياء والعظمة

" Allah Maha Besar "3x

" Yang memiliki kerajaan Besar, kekuasaan, kebesaran, keagungan Dan "(HR Ath Thayalisi 56, Al Baihaqi 2/121 -. 122)

Adab Membaca Doa Istiftah

Beberapa adab membaca Doa istiftah dijelaskan Diposkan Imam An Nawawi Dalam, kitab Al Adzkar (1/107):

  1. Disunnahkan menggabung beberapa Doa istiftah, Dalam, shalat Yang Sendirian. Atau juga BAGI imam, makmum Bila Diposkan oleh diizinkan. Jika makmum regular tidak mengizinkan, Maka jangan membaca Doa Yang terlalu Panjang. Bahkan sebaiknya membaca Yang singkat. Imam An Nawawi nampaknya hadits mengisyaratkan:

    إذا أم أحدكم الناس فليخفف. فإن فيهم الصغير والكبير والضعيف والمريض. فإذا صلى وحده فليصل كيف شاء

    " Jika seseorang menjadi imam, hendaknya besarbesaran shalatnya ringankan. KARENA di Barisan makmum terdapat Anak Kecil, orangutan Tua, Lemah orangutan, orangutan Sakit. Adapun jika shalat Sendirian, barulah shalat Sesuai keinginannya "(HR.Muslim 467)

  2. Jika Datang sebagai makmum masbuk, Tetap membaca Doa istiftah. Kecuali jika sudah Akan segera ruku ', Dan khawatir regular tidak Sempat membaca Al Fatihah. Jika demikian keadaannya, sebaiknya regular tidak Perlu membaca istiftah, namun berusaha menyelesaikan membaca Al Fatihah. KARENA membaca Al Fatihah ITU shalat rukun.

  3. Jika mendapati imam regular tidak Tanggal Gabung Berdiri, misalnya Tanggal Gabung rukuk, atau duduk di ANTARA doa sujud atau Tanggal Gabung sujud, makmum Maka langsung mengikuti Posisi imam Dan membaca sebagaimana Yang imam dibaca. Regular tidak Perlu membaca Doa istiftah ketika ITU.

  4. Para ulama Syafi'iyyah berbeda pendapat mengenai anjuran membaca Doa istiftah ketika shalat jenazah. * Menurut An Nawawi, Yang lebih tepat adalah regular tidak Perlu membacanya, KARENA ITU shalat jenazah selayaknya Ringan sudah.

  5. Membaca Doa istiftah ITU hukumnya sunnah, regular tidak Wajib. Jika seseorang meninggalkannya, regular tidak sahwi Perlu sujud.

  6. Yang Sesuai sunnah, Doa istiftah dibaca Artikel Baru sirr (lirih). Jika dibaca Artikel Baru jahr (keras) hukumnya makruh, namun regular tidak membatalkan shalat.

Tulisan Demikian Ringkas Suami. Semoga bermanfaat.

والحمد لله رب العالمين, وصلى الله وسلم على نبينا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين

Sources of articles by : Muslim.Or.Id and authors by : 

Rewritten by : Rachmat Machmud  end Republished by : Redaction Duta Asri Palem 3

Kembali Keatas

|
Print Friendly and PDFPrint Article
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

= > Silakan Berkomentar Sesuai Tema Diatas
=> Berkomentar Dengan Link Hidup Tidak Akan di Publish
=> Dilarang Berkomentar SPAM
=> Tinggalkan Komentar Sangat Penting Untuk Kemajuan Blok ini

Total Tayangan Halaman

Translate to your language


Negara Pengunjung

Flag Counter

KALENDER HIJRIYAH



 
Support : Link Palem 3 | Al Islam | 4 Muslim
Copyright © 2013. Mushola Nurul Iman - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger
-->